Tugas RPL Pertemuan 1

Nama        : Muhamad Farhan

Kelas         : 11.67.AB

NIM          : 11182941

 

1.      Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak" pada slide

-          Contoh perangkat lunak Sistem

a.       Windows

b.      Linux

c.       MacOS

 

-          Contoh perangkat lunak Aplikasi

a.       Microsoft Office

b.      XAMPP

c.       Google Chrome

 

-          Contoh perangkat lunak Rekayasa/Ilmiah

a.       AutoCAD

b.      Medscape

c.       SketchUp

 

-          Contoh perangkat lunak yang tertanam

a.       Tombol pada remote televisi

b.      Tombol pada radio

c.       Tombol Keyboard

 

-          Contoh perangkat lunak Lini produk

a.       Pengolah kata

b.      Pengolah angka

c.       Video editing

 

-          Contoh perangkat lunak Aplikasi web

a.       Mozilla Firefox

b.      Microsoft Edge

c.       Google Chrome

 

-          Contoh perangkat lunak Kecerdasan  buatan

a.       Pengendalian pola gerak (game atau auto pilot pada mobil tesla)

b.      Siri (pengolah perintah dengan suara)

c.       Robot (algoritma kecerdasan buatan)

 

2.      Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak aplikasi" pada slide

-          Contoh Stand-alone application

a.       LibreOffice

b.      LINDO

c.       Notepad

 

-          Contoh Interactive Transaction-Based Application

a.       Amazon

b.      Tokopedia

c.       Jd.id

 

-          Contoh Batch Processing Systems

a.       Email dan attachment

b.      Transaksi batch processing

c.       Aplikasi penggajian karyawan

 

-          Contoh Embedded control systems

a.       Software dalam smoke detector yang mengaktifkan suara peringatan jika terdeteksi asap

b.      Software dalam Alarm digital yang membuat alarm berdering pada waktu yang ditentukan

c.       Software dalam ABS (anti-lock brake system) pada kendaraan

 

-          Contoh entertainment system

a.       Software VLC

b.      Software Windows media player

c.       Software GomPlayer

 

-          Contoh systems for modelling and simulation

a.       Software SimulationX

b.      Software Matlab

c.       Software Fusion360

 

-          Contoh Data collection systems

a.       Software Teamscope

b.      Software Open data kit

c.       Software Magpi

 

-          Contoh Systems of systems

a.       Sistem perbangkan online

b.      Sistem managemen cloud

c.       Sistem informasi darurat (kepolisian, rumah sakit, pemadam kebakaran)

3.      Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL pada slide

-          Users: adalah orang-orang yang akan menggunakan PL

-          Customer (client): adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL

-          Software Developer: adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL

-          Development Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis

4.      Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide

-          Spesifikasi PL

Ø  Proses ini bertujuan untuk menentukan service apa saja yang dibutuhkan oleh user dan batasan pada tahapan pengembangan system nantinya.

-          Pengembangan PL

Ø  Proses pengembangan pengimplementasian service yang telah disetujui pada proses spesifikasi perangkat lunak

-          Software validasi

Ø  Proses pengecekan apakan service pada perangkat lunak sudah memenuhi persyaratan atau belum. Pada umumnya, perangkat lunak yang telah dibuat langsung di uji coba langsung oleh user sendiri

-          Software evolusi

Ø  Pengembangan (update) secara berkala perangkat lunak yang telah dibuat agar lebih mumpuni dan sempurna dari versi sebelumnya (versi awal)

 

5.      Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3) dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide

-          Mitos :  Kita tidak perlu mengubah pendekatan terhadap pengembangan software, karena jenis pemrograman yang kita lakukan sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang lalu.

 

Realita : Walau hasil program sama, produktivitas dan kualitas software harus ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan software developments.

 

-          Mitos : Tidak ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding.

 

Realita : Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software

 

-          Mitos :  Segera setelah software digunakan, pemeliharaan dapat diminimalisasikan dan diatasi dengan cara “CATCH AS CATCH CAM”.

 

 Realita : Diperlukan budget yang besar dalam maintenance software. Pemeliharaan software harus diorganisir, direncanakan dan dikontrol seolah-olah sebagai suatu proyek besar dalam sebuah organisasi.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Struktur Data Pertemuan Ke-4

Tugas RPL Pertemuan 5 - Diagram Penggajian