Tugas RPL Pertemuan 1
Nama :
Muhamad Farhan
Kelas :
11.67.AB
NIM :
11182941
1.
Sebutkan
contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori
perangkat lunak" pada slide
-
Contoh
perangkat lunak Sistem
a.
Windows
b.
Linux
c.
MacOS
-
Contoh
perangkat lunak Aplikasi
a.
Microsoft
Office
b.
XAMPP
c.
Google
Chrome
-
Contoh
perangkat lunak Rekayasa/Ilmiah
a.
AutoCAD
b.
Medscape
c.
SketchUp
-
Contoh
perangkat lunak yang tertanam
a.
Tombol
pada remote televisi
b.
Tombol
pada radio
c.
Tombol
Keyboard
-
Contoh
perangkat lunak Lini produk
a.
Pengolah
kata
b.
Pengolah
angka
c.
Video
editing
-
Contoh
perangkat lunak Aplikasi web
a.
Mozilla
Firefox
b.
Microsoft
Edge
c.
Google
Chrome
-
Contoh
perangkat lunak Kecerdasan buatan
a.
Pengendalian
pola gerak (game atau auto pilot pada mobil tesla)
b.
Siri
(pengolah perintah dengan suara)
c.
Robot
(algoritma kecerdasan buatan)
2.
Sebutkan
contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis
perangkat lunak aplikasi" pada slide
-
Contoh
Stand-alone application
a.
LibreOffice
b.
LINDO
c.
Notepad
-
Contoh
Interactive Transaction-Based Application
a.
Amazon
b.
Tokopedia
c.
Jd.id
-
Contoh
Batch Processing Systems
a.
Email
dan attachment
b.
Transaksi
batch processing
c.
Aplikasi
penggajian karyawan
-
Contoh
Embedded control systems
a.
Software
dalam smoke detector yang mengaktifkan suara peringatan jika terdeteksi asap
b.
Software
dalam Alarm digital yang membuat alarm berdering pada waktu yang ditentukan
c.
Software
dalam ABS (anti-lock brake system) pada kendaraan
-
Contoh
entertainment system
a.
Software
VLC
b.
Software
Windows media player
c.
Software
GomPlayer
-
Contoh
systems for modelling and simulation
a.
Software
SimulationX
b.
Software
Matlab
c.
Software
Fusion360
-
Contoh
Data collection systems
a.
Software
Teamscope
b.
Software
Open data kit
c.
Software
Magpi
-
Contoh
Systems of systems
a.
Sistem
perbangkan online
b.
Sistem
managemen cloud
c.
Sistem
informasi darurat (kepolisian, rumah sakit, pemadam kebakaran)
3.
Sebutkan tugas/fungsi secara detail
stakeholder dalam RPL pada slide
-
Users: adalah orang-orang yang akan
menggunakan PL
-
Customer (client): adalah orang-orang yang
membeli atau memesan PL
-
Software Developer: adalah orang-orang
yang mengembangkan dan memelihara PL
-
Development Manager: adalah orang-orang
yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar
belakang pendidikan dalam administrasi bisnis
4.
Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide
-
Spesifikasi PL
Ø
Proses
ini bertujuan untuk menentukan service apa saja yang dibutuhkan oleh user dan
batasan pada tahapan pengembangan system nantinya.
-
Pengembangan
PL
Ø
Proses
pengembangan pengimplementasian service yang telah disetujui pada proses
spesifikasi perangkat lunak
-
Software
validasi
Ø
Proses
pengecekan apakan service pada perangkat lunak sudah memenuhi persyaratan atau
belum. Pada umumnya, perangkat lunak yang telah dibuat langsung di uji coba
langsung oleh user sendiri
-
Software
evolusi
Ø
Pengembangan
(update) secara berkala perangkat lunak yang telah dibuat agar lebih mumpuni
dan sempurna dari versi sebelumnya (versi awal)
5.
Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3)
dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide
-
Mitos
: Kita tidak perlu mengubah pendekatan
terhadap pengembangan software, karena jenis pemrograman yang kita lakukan
sekarang ini sudah kita lakukan 10 tahun yang lalu.
Realita : Walau hasil program
sama, produktivitas dan kualitas software harus ditingkatkan dengan menggunakan
pendekatan software developments.
-
Mitos
: Tidak ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan,
cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding.
Realita : Metode untuk
analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software
-
Mitos
: Segera setelah software digunakan,
pemeliharaan dapat diminimalisasikan dan diatasi dengan cara “CATCH AS CATCH
CAM”.
Realita : Diperlukan budget yang besar dalam maintenance software. Pemeliharaan software harus diorganisir, direncanakan dan dikontrol seolah-olah sebagai suatu proyek besar dalam sebuah organisasi.
Comments
Post a Comment