Pertemuan 1 Logika dan Algoritma

A.   Definisi

Logika dapat di definisikan sebagai:

1. Penalaran atau bentuk pemikiran.

2. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.

Untuk algoritma dapat didefinisikan sebagai:

1. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.

2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.

3. Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata. (Webster Dictionary)

Ada juga tahapan algoritma:

1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma.

2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma

a. Dengan Bahasa semu (pseudocode).
Merupakan bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu. Tujuan pseudocode adalah: Lebih mudah dibaca oleh manusia, lebih mudah dipahami dan lebih mudah dalam menuangkan ide/hasil pemikiran.

b. Dengan diagram alur (Flowchart)

Adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program

Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:






























B.    Bahasa Pemrograman

Program adalah kumpulan intruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksan akan suatu tugas atau pekerjaan. Dalam membuat program dibutuhkan bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program
Berdasarkan kedekatan bahasa pemrograman dikelompokan menjadi 2 macam yaitu:

1.Bahasa tingkat rendah
Bahasa yang dirancang agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui penerjemah. Contoh:Bahasa mesin(sekumpulan kode biner (0dan1))

2.Bahasa tingkat tinggi
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami. Contoh: Pascal, Cobol, Basic, Fortran, C, C++

C.   Diagram untuk Program Komputer

Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :

1. Pembacaan/pemasukan data ke dalam komputer

2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut

3. Mengeluarkan/mencetak/menampilkan hasilnya.

Struktur Algoritma:

1.Struktur Squence/Struktur Sederhana
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential atau urutan

2. Struktur Branching
Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi

3. Stuktur Looping
Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.

D.    Sifat-sifat Algoritma

1.Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,

2.Langkah atau Instruksi harus Jelas,

3.Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,

4.Input dan Output harus mempunyai Batasan,

5.Efektifitas,

6.Adanya Batasan Ruang Lingkup

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas Struktur Data Pertemuan Ke-4

Tugas RPL Pertemuan 5 - Diagram Penggajian