Pertemuan 1 Logika dan Algoritma
A. Definisi
Logika dapat di definisikan sebagai:
1. Penalaran atau bentuk pemikiran.
2. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti
agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
Untuk algoritma dapat didefinisikan sebagai:
1. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat
diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg
berintegrasi.
3. Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan
suatu masalah yang nyata. (Webster Dictionary)
Ada juga tahapan algoritma:
1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
a. Dengan Bahasa semu (pseudocode).
Merupakan bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma
yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu. Tujuan pseudocode adalah:
Lebih mudah dibaca oleh manusia, lebih mudah dipahami dan lebih mudah dalam
menuangkan ide/hasil pemikiran.
b. Dengan diagram alur (Flowchart)
Adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu
program
Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:
B. Bahasa Pemrograman
Program adalah kumpulan
intruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksan akan suatu tugas
atau pekerjaan. Dalam membuat program dibutuhkan bahasa pemrograman.
Bahasa pemrograman
adalah bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program
Berdasarkan kedekatan bahasa pemrograman dikelompokan
menjadi 2 macam yaitu:
1.Bahasa tingkat rendah
Bahasa yang dirancang agar setiap instruksinya langsung
dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui penerjemah. Contoh:Bahasa
mesin(sekumpulan kode biner (0dan1))
2.Bahasa tingkat tinggi
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah
dipahami. Contoh: Pascal, Cobol, Basic, Fortran, C, C++
C. Diagram
untuk Program Komputer
Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :
1. Pembacaan/pemasukan data ke dalam komputer
2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
3. Mengeluarkan/mencetak/menampilkan hasilnya.
Struktur Algoritma:
1.Struktur Squence/Struktur Sederhana
Digunakan untuk program yang instruksinya sequential atau
urutan
2. Struktur Branching
Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau
penyeleksian kondisi
3. Stuktur Looping
Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi
berulang-ulang.
D. Sifat-sifat
Algoritma
1.Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
2.Langkah atau Instruksi harus Jelas,
3.Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
4.Input dan Output harus mempunyai Batasan,
5.Efektifitas,
6.Adanya Batasan Ruang Lingkup
ok kembangkan lagi..
ReplyDelete